Friday, November 13, 2009

Mim Mikroblogging Yahoo Berbahasa Indonesia


Situs mikroblogging Yahoo, yang mirip dengan Twitter, kini telah hadir dilengkapi dengan bahasa Indonesia. Yahoo Meme Indonesia kini bisa diakses di sini.

Setelah meluncurkan layanan mikroblogging di Brasil, China, Filipina, India dan Turki, Spanyol, Inggris dan Portugis, Yahoo pun meluncurkan layanan yang sama di Indonesia.

Secara global, Yahoo menamai situs mikroblogging itu dengan sebutan 'meme'. Namun saat diserap ke dalam bahasa Indonesia, Meme Yahoo kini berubah menjadi Mim Yahoo.

Tampilan mikroblogging tersebut hampir mirip dengan Twitter. Dalam keterangan resminya, (Kamis (12/11/2009), Yahoo Mim disebut sebagai tempat untuk berbagi apa saja yang menarik.

"Kata 'Meme' di internet dikenal sebagai sesuatu yang menyebar dengan cepat dan menjadi perhatian semua orang," ujar pihak Yahoo.

Istilah ini, lanjut mereka, diciptakan oleh Richard Dawkins dan diterbitkan dalam bukunya yang berjudul "The Selfish Gene" pada 1976. Kata tersebut mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi.

"Kami menggunakan istilah tersebut sebagai interpretasi bebas dari makna ilmiah aslinya, namun intinya tetap sama. Dengan kata lain, memperbanyak dan mendistribusikan kepingan-kepingan informasi. Kepingan-kepingan ini, atau 'meme', beredar dari satu orang ke orang lain dan bertahan hidup berkat nilai-nilai atau kondisi mereka sendiri. Mereka berkembang, mengalami mutasi dan sebagian mungkin menjadi sangat terkenal.

Sumber : okezone

No comments:

Post a Comment